Sosialisasikan Operasi Keselamatan Lalu lintas Maung 2024, Polres Pandeglang Gelar Talk Show

Berita168 Dilihat

PANDEGLANG–ATARAKYAT.ID

Operasi Keselamatan Lalu lintas Maung, yang saat ini sedang berlangsung dan akan berakhir pada 17 Maret 2024, terus diintensifkan sosialisasinya oleh Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Pandeglang. Salah satu upayanya adalah melalui penggelaran talk show bersama radio Angkasa pada Senin, 4 Maret 2024, kemarin.

Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Made Hendra Kusumanata, melalui Kanit Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas (Kanit Kamsel) Ipda H. Mohamad Irfan Fauzi, menjelaskan bahwa tujuan dari Operasi ini adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan. Hal ini diharapkan akan menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Menurut penjelasan dari Kanit Kamsel, dalam Operasi Keselamatan Lalu lintas Maung 2024, salah satu fokusnya adalah pada pengendara di bawah umur, kendaraan yang over dimension dan over Loading (ODOL), serta pengendara yang dalam pengaruh alkohol atau usai mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

“Dalam hal pengendara yang habis mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, kita sarankan agar tidak mengemudikan kendaraan sendiri karena akan sangat berbahaya,” jelas Kanit Kamsel.

Selain itu, sasaran lainnya termasuk pengendara yang tidak menggunakan helm, melawan arus, kenalpot tidak standar (brong), dan pengendara yang sambil menggunakan handphone. Terkait sanksi atau penindakannya, Kanit Kamsel menyatakan bahwa sanksi bisa berupa tilang elektronik atau ETLE, dengan konfirmasi yang akan dikirimkan melalui surat sesuai alamat rumah pelanggar.

Namun, sanksi tilang manual juga masih berlaku, terutama jika pelanggaran terjadi secara kasat mata saat petugas sedang patroli. Kanit Kamsel berharap, dengan adanya Operasi Keselamatan Lalu lintas Maung 2024, dapat menekan angka pelanggaran dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan keselamatan dalam berlalu lintas.

“Diharapkan, dengan pelaksanaan operasi ini, dapat memberikan hasil yang positif dalam menjaga kamseltibcar lantas di Kabupaten Pandeglang,” tuturnya.

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *