Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa

Berita, Pendidikan8 Dilihat

Sragen,WAPENJA.COM

Pancasila menjadi dasar negara Bangsa Indonesia, mempunyai nilai-nilai luhur yang sering kita lupakan. Pancasila bukan sekedar pajangan di dinding kelas dan bukan pula sekedar dibaca saat upacara hari senin.

Pancasila bisa kita tanamkan pada anak di lingkungan sekolah, agar setelah dewasa nanti mereka terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai pancasila juga menjadi pondasi siswa agar dewasa nanti mereka memiliki karakter kebangsaan dan tertanam di dalam hati.

Seperti yang dilakukan Serda Rohmadi Babinsa Desa Doyong Kodim 0725/Sragen melaksanakan Giat BinWanwil memberikan materi Wasbang berupa penanaman nilai nilai Pancasila dan kedisiplinan Kepada Siswa – Siswi SD N 1 Doyong Kec.Miri, Jum’at ( 17/11/2025 ).

Pancasila menurut Serda Rohmadi merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturanTentang tingkah laku yang penting dan baik. Aktivitas yang baik ini bisa kita terapkan sehari hari di lingkungan sekolah .
“ Beberapa aktivitas sederhana yang bisa kita tanamkan di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila yaitu, mengajak anak untuk beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing. Sila pertama Pancasila mengandung nilai Ketuhanan yang didalamnya mengajarkan siswa untuk mengenal agama “ jelas Babinsa.

“ Kedua, mengutamakan persatuan dan kesatuan. Mengajak teman bermain bersama, dalam hal ini guru membiasakan siswa untuk selalu rukun dan bergaul dengan teman tanpa membedakan status sosial. Saling menyapa dan mengucap salam bila bertemu teman dan guru. Selain itu menanyakan kabar bila bertemu teman saat tiba di sekolah “ tambahnya.

(Mal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *