Ketua DPD LDII Kota Semarang Mengikuti Bimtek Peningkatan Kompetensi Organisasi

Nasional5 Dilihat

SEMARANG–ATARAKYAT.ID

Semarang – Jawa tengah – H.Suhindoyo bersama Perwakilan pengurus DPD LDII Kota Semarang menghadiri Bimtek Peningkatan kompetensi dan pengembangan organisasi pengurus oraganisasi DPD LDII di Gedung Al Barokah Komplek Masjid Al Wali Kota Semarang, Kamis, 28 September 2023

Peserta pelatihan sebanyak 35 pengurus DPD LDII Kota/Kabupaten sejawa tengah.

Sambutan Ketua DPW LDII Jateng, Prof.Dr.H. Singgih Tri Sulistiyono M Hum

Indonesia sebagai rumah bersama memiliki hak yang sama untuk memupuk, merawat NKRI sebagai surga kita bersama.

Kita sebagai organisasi harus memiliki jiwa bersanding dibanding jiwa bersaing dan bertanding sehingga tali silaturahim menjadi terjaga untuk memajukan negara bersama-sama.

“Setelah kita menjalin kerjsama dengan Kesbangpol dengan menggelar Seminar Silaturahim Kebangsaan hingga jilid 3 ternyata respon masyarakat sangat luar biasa.

“Kita juga mendapat mendapat respon cukup baik dari Kejaksaan Agung sehingga bagaimana sesama ormas kerjasama yang baik termasuk pemerintah untuk menjaga NKRI dan merekatkan anak bangsa khususnya
ormas-ormas Indonesia menuju masyarakat madani,” ujar Prof Singgih.

Prof Singgih berharap para peserta bisa nantinya bagaimana mengejawantahkan semangat ini untuk organisasi di daerah dalam membuat program kerja sehingga organisasi dakwah demi masyarakat Indonesia yang aman, sejahtera dan rukun kompak demi terciptanya persatuan dan kesauan negeri ini.

Kepala Badan Kesbangpol Prov Jateng
H. Haerudin SH.MM

Momen kesbangpol dan ldii benar-benar bermitra menunjukkan bermitra, kesbangpol sebagai unsur pemerintahan dan LDII sebagai unsur kemasyarakatan untuk sama-sama memperkuat untuk menjaga negara kesatuan republik indonesia yang kita cintai.

Kalau bermitra tidak pernah bertemu itu tidak meyakinkan katanya bermitra

kesbangpol sebagai unsur pemerintah dan bapak-bapak sebagai unsur kemasyarakatan

“Dengan kemitraan itu kita semakin kuat untuk menjaga negera kesatuan republik tecinta ini,” ujarnya.

Sesuai dengan konstitusi kita kesbangpol sebagai unsur pemerintah dan bapak-bapak sebagai unsur kemasyarakatan

Organisasi kemasyarakatan itu dibentuk, didirikan secara sukarela bersadarkan kesamaan2 kehendak, prinsip, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan untuk mewujudkan tujuan negara.

Organisasi kemasyarakatan ini punya andil untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan bukan sekedasar pembangunan biasa tapi sesuai tujuan negara

Tujuan negara yang termaktub dalam pembukaan UUD 45 ada empat yaitu

1. Melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, bukan hanya kewajiban negara tapi juga kewajiban perkumpulan, organisasi kemasyarakatan yang berpartisipasi dalam pembangunan.

Saya kira LDII sudah turut serta berpartisipasi untuk melindungi bangsa indonesia, sebagai contohnya yang paling nyata seperti covid 19.

Saya tidak meragukan lagi partisipasinya sangat besar untuk melindungi masyarakat indonesia untuk sama-sama menyelamatkan anak bangsa dari virus covid tersebut.

2. Mencerdaskan kehidupan bangsa
LDII punyai lembaga pendidikan, termasuk kita bertemu hari ini, bagian untuk mencerdaskan kehidupan bangsa

Dengan sering bertemu untuk merefresh pengetahuan kemampuan dan wawasan kita untuk lebih baik di masa mendatang

salah satu ciri organisasi kemasyarakat atau lembaga kemasyarakat yang maju itu adalah adanya proses pembelajaran di dalam internal organisasi yang bersangkutan. Dengan proses pembelajaran
akan muncul ide-ide baru dan gagasan-gagasan baru untuk memperbaiki dan memperkuat meningkatkan kapasistas organisasi.

“Maka peningkatan kapasitas berorganisasi seperti bimtek yang kita laksanakan hari ini, salah satu momen yang sangat luar biasa dan semoga akan memberikan mafaat yang juga luar biasa.

3. Memajukan kesejahteraan umum

Maka dengan kekuatan civil society tidak bisa dipandang sebelah mata karena dalam sepanjang sejarah mulai dari pergerakan Budi Utomo, 1908 lalu sumpah pemuda hingga hari ini, kekuatan organisasi kemasyarakatan luar bisa pengaruhnya sehingga seringkali bisa mempengaruhi keputusan kebijakan pemerintahan dalam memutuskan kebijakan negara

organisasi islam yang besar, perjuangan oraganisasi islam tercatat dalam sejarah menghantarkan kemerdekaan bangsa

Kita harus bersinergi dengan organisasi lain unutk berkolarobasi sehingga menjadi lebih kuat untuk membangun negara demi kesejahteraan bersama. Maka selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Tujuan negara adalah menjaga perdamaian dunia, kalau kita ikut menjaga perdamaian tentu kita menjaga kententraman baik di lingkungan internal organisasi kita, lingkungan masyarakat kita disekitar kita khususnya lingkungan dari rt hingga organisasi hingga negara insyaalloh perdamaian dunia tercapai. Dan sebaliknya bila dari lingkungan yang paling kecil hingga masyarakat tidak aman pasti perdamaian dunia juga akan terganggu.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada peserta, panitia dan organisasi LDII khususnya, mudah2an dengan kegiatan seperti bisa saling mengingatkan kita bahwa proses belajar itu mulai dari ayunan orangtua hingga liang lahat. Artinya sepanjang massa kita butuh bimbimbingan teknis, peningkatan kompetensi sehingga
wawasan tidak mengenal usia.

organisasi yang baik memiliki kekompakan jiwa korsa untuk mencapai tujuan organisasinya, sesungguhnya keberhasilan organisasi itu bukan semata-mata kerja pengurusnya tapi sistemnya termasuk anggotanya. Mulai dari pusat hingga tingkat bawah.

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *