Merajut Asa, Satgas Mobile Raider 300 Bersama Masyarakat Papua Membersihkan Jalur Antar Distrik

Nasional23 Dilihat

PAPUA–ATARAKYAT.ID

Puncak, Papua — Akses darat yang bisa dilalui menjadi impian besar untuk Masyarakat Papua, seperti yang diharapkan oleh masyarakat Distrik Magumbumek dan Distrik Mulia yang merupakan satu-satunya jalur penghubung antar Distrik.

Hal tersebut yang di sampaikan oleh Dansatgas Mobile Raider 300 Kodam III/Slw, Letkol Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P, dalam release tertulisnya di Kabupaten Puncak Papua, Jumat (29/09/2023)

Dansatgas Mobile Raider 300 menyampaikan bahwa ” Masyarakat memang sudah lama berdiam diri di Distrik masing-masing, dengan banyaknya aduan oleh masyarakat sekitar kepada anak-anak Pos tentang jalur yang sudah lama putus, Saya memerintahkan Danpos Pintu Jawa untuk meninjau langsung jalur tersebut ”

Jalur ini merupakan harapan besar bagi masyarakat untuk sekolah, berjualan dan akses ke Bandara, Anak-anak Distrik Magumbumek dan Distrik Mulia setelah tamat SMA banyak yang berkuliah di Pulau Jawa sehingga mereka Pulang ke Kampung halaman melalui jalur ini.

Danpos Pintu Jawa Lettu Inf Dody Suyono juga menyampaikan ” Setiba di jalur yang rusak, mereka sudah menunggu kehadiran Kami (Anggota Pos Pintu Jawa), Saya bertanya kepada salah satu Kepala Kampung yang ikut membantu perbaikan jalur bahwa masyarakat sudah lama merindukan adanya perbaikan jalur yang terputus, Kami mengajak masyarakat Desa Jigiunggi membersihkan jalur yang terhalang ranting pohon yang menutupi jalur, setelah jalur bersih mereka sangat senang sudah bisa kembali bersekolah, berjualan dan juga anak-anak dapat cuti semester dari Pulau Jawa bisa bertemu dengan Keluarganya”.

Begitu antusias mereka mengerjakan jalur yang rusak dan Wajah ceria dan sangat senang yang diperlihatkan oleh masyarakat setelah jalur yang sudah dapat dilalui.

Hal ini terucap saat dialog antar salah satu anggota Pos Pintu Jawa Praka Joko kepada salah satu pendeta Kampung Jigiunggi Bapak James Talenggeng ” Kaonak Wa (Terimakasih dalam bahasa Dani) untuk Abang-abang su bantu sambung jalanan, anak-anak kitorang sekarang su bisa sekolah ke Mulia, nanti Desember su bisa ketemu anak kitorang yang Kuliah di Jawa “.

Sudah banyak upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dan Pos-pos TNI-POLRI terhadap akses dari Distrik Mulia ke Distrik Magumbumek, tetapi memang sering terkendala cuaca dan gangguan yang dilakukan KST. (Yonif Raider 300/Bjw).

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *