Para Pemimpin Negara ASEAN Kunjungi Ekshibisi Proyek Inklusif ASEAN di AIPF

Nasional2 Dilihat

JAKARTA–ATARAKYAT.ID

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, pada Selasa, 5 September 2023. Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan bahwa AIPF hadir untuk mengubah rivalitas kawasan Indo Pasifik menjadi kerja sama konkret yang bermanfaat.

“Serta membangun _habit of cooperation_ yang _win win_ formula tanpa satupun merasa dikucilkan,” kata Presiden.

Usai pembukaan, Presiden Jokowi mengundang para pemimpin negara ASEAN untuk mengunjungi ekshibisi yang menampilkan proyek-proyek strategis yang inklusif, inovatif, dan kolaboratif. Ekshibisi ini juga menonjolkan spirit ASEAN menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia.

Ekshibisi yang disiapkan di area luar ballroom terbagi dalam beberapa zona yaitu infrastruktur hijau, pembiayaan berkelanjutan, tranformasi digital, dan ekonomi kreatif. Pada setiap zona, para pemimpin negara mendapatkan penjelasan secara singkat mengenai sejumlah ide dan proyek baik yang telah selesai maupun masih dalam proses pengembangan.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya mengatakan bahwa pesan ASEAN sangat konsisten untuk menjadikan kawasan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai, adil, dan sejahtera. Melalui AIPF, Retno menuturkan bahwa konsep ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) akan diterjemahkan menjadi sebuah kerja sama yang konkret dan inklusif.

“Kita ingin Indo-Pasifik menjadi kawasan yang damai, stabil, sejahtera, dan pedekatannya adalah melalui kerja sama yang konkret dan inklusif. Dan sekali lagi, semua prinsip dari awal yang ASEAN Outlook on the Indo-Pacific diterjemahkan di dalam AIPF. Tadi Bapak Presiden sudah menyampaikan mengenai proyek dan nilai yang dihasilkan,” ujar Menlu.

Jakarta, 6 September 2023
( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *