Sosialisasi Rehabilitasi Cisangu Bawah Diduga Sepihak, Ormas GAIB Minta DPUPR Banten Pro Aktif Tampung Aspirasi Masyarakat.

Berita7 Dilihat

LEBAK.BANTEN–ATARAKYAT.ID

Lebak – ATARAKYAT.ID Sosialisasi pembangunan rehabilitasi daerah irigasi (DI) Cisangu Bawah, yang melintasi Desa Bojongcae, Desa Panancangan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, dan Desa Bojongpandan, Kecamatan Tunjungteja, Kabupaten Serang, yang pelaksanaannya dilaksanakan di Desa Bojongcae, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, pada Jum’at, 25 Agustus 2023, diduga dilakukan secara sepihak, sehingga hal ini menimbulkan reaksi dari Warga yang merasa tidak mengetahui terkait rencana pembangunan rehabilitasi irigasi DI Cisangu Bawah tersebut. Hal ini disesalkan Arif Hidayat, Sekjen Ormas GAIB 212 DPC Lebak, yang juga merupakan putra daerah, kelahiran Desa Panancangan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak.

“Seharusnya sosialisasi dilaksanakan di Kantor Kecamatan Cibadak, mengingat Irigasi tersebut, melintasi tiga Desa, yakni Desa Bojongcae, Desa Panancangan, dan Desa Bojongpandan, Serang, dan harus diundang juga pihak P3A, Gapoktan dan Poktan selaku penerima manfaat program, serta tokoh Masyarakat lainnya, sehingga tujuan program ini, tepat sasaran sesuai dengan harapan Masyarakat, jangan terkesan main petak umpet, sehingga banyak Warga yang bertanya” beber Arif Hidayat, ditemui di lokasi kegiatan, proyek rehabilitasi DI Cisangu Bawah, Sabtu, 02 September 2023.

Menurut Arif Hidayat, selain diduga lemahnya sosiisasi, dirinya berharap kepada pihak Dinas PUPR Banten dan pihak pelaksana kegiatan, rehabilitasi DI Cisangu Bawah, agar dilaksanakan dengan maksimal dan menerapkan prinsip penyerapan tenaga kerja lokal.

“Baik Cisangu Atas dan Cisang Bawah, sebetulnya memiliki peran yang sangat penting untuk kebutuhan mengairi persawahan Warga, pada tahun 2022 lalu juga sebetulnya ada kegiatan rebah, meskipun nilainya tidak sebesar ini, maka untuk itu tentu proyek ini harus dikerjakan dengan maksimal, dan pengerjaannya pun harus melibatkan Masyarakat setempat sebagai upaya penyerapan tenaga kerja lokal, Insya Allah, secepatnya kami bersurat kepada Dinas PUPR Banten” timpal Arif.

Sementara itu, Andi, perwakilan pemuda Kampung Pasir Eurih, Desa Bojongcae, Kecamatan Cibadak, ditemui di lokasi kegiatan menjelaskan, pada saat sosialisasi di Kantor Desa Bojongcae, dirinya sempat datang dalam acara tersebut, meskipun tidak mendapatkan undangan.

“Yang datang ke acara sosialisasi itu ada sekitar tiga puluh orang mewakili Desa Bojongcae, Desa Panancangan, dan Desa Bojongpandan, memang saya juga tidak diundang, tapi saya tetap hadir” kata Andi.

Pantauan Awak Media di lapangan, kegiatan rehabilitasi Daerah Irigasi (DI) Cisangu Bawah, Tahun Anggaran 2023, menelan anggaran Rp. 6.910.005.200, Kontraktor Pelaksana, PT.Zahra Suretyndo. Hingga berita ini diturunkan, Awak Media masih berupaya meminta konfirmasi dari pihak pelaksana kegiatan dan Dinas PUPR Banten selaku leading sektor yang membidangi urusan Irigasi.

( Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *