MTS/SMA YAPISA AL–AMIN KOPO Mengadakan Upacara Api Unggun Dalam Rangka Menyambut Anggota Baru

Berita1 Dilihat

SERANG.BANTEN–ATARAKYAT.ID

Serang – Upacara api unggun dalam kegiatan pramuka merupakan momen yang paling berkesan bagi semua peserta. Tanpa adanya kegiatan api hunggun, sebuah kegiatan pramuka terasa kurang berkesan. Oleh sebab itu, api unggun menjadi rangkaian kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua peserta yang mengikuti kegiatan Pramuka.

 

Pada kamis, 20 Juli 2023 tim pramuka MTS/SMA YAPISA AL–AMIN KOPO mengadakan upacara api unggun dalam rangka menyambut anggota baru. Kegiatan diikuti oleh Ilham Pajar selaku Ketua Pembimbing, pembina pramuka, pelatih pramuka, dan anggota pramuka penggalang, bertempat di lapangan madrasah.

 

Tepat pukul 21.00 upacara api kemenangan dimulai dengan mematikan semua lampu yang ada di madrasah kemudian penyalaan obor yang dimulai oleh pembina upacara dan dilanjutkan secara bergantian oleh petugas sejumlah dasa darma pramuka.

Hj. Suhendra, S.a.g selaku Kepala Madrasah menjelaskan bahwa upacara api unggun adalah tanda berakhirnya kegiatan. Api unggun dimaknai sebagai momentum ikatan persatuan serta penjiwaan Dasa Darma Pramuka.

 

“Kegiatan api unggun ini disebut juga upacara adat Pramuka. Upacara api unggun memiliki falsafah, yakni sebagai alat pendidikan kepramukaan agar anggota disiplin, bekerja sama dan saling gotong royong. Karena setiap regu adalah cerminan sebuah keluarga.” Ujarnya.

 

Bahwa upacara api unggun mampu menciptakan kebersamaan dan kehangatan di antara peserta . Bukan hanya itu, api unggun memiliki manfaat sebagai penghangat badan dan pengusir binatang buas jika kegiatan berada di tengah hutan.

 

“Acara tidak berhenti hanya dengan membuat api unggun saja, tetapi kita bisa mengisi acara api unggun dengan berbagai atraksi dan hiburan,” tambah Hj. Suhendra, S.a.g (Fery/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *