Kembangkan Industri Olahraga, Panglima TNI Gelar Piala Pacuan Kuda Kali Pertama

Berita, Olahraga2 Dilihat

PasuruanATARAKYAT.ID

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. membuka Event Kejuaraan Pacu Kuda Tingkat Nasional “Panglima TNI Cup Tahun 2023” dalam rangka mengembangkan industri olahraga bertempat di Gelanggang Pacu Ki Ageng Astrojoyo, Kec. Kejayan, Kab. Pasuruan, Senin (12/6/2023).

Terselenggaranya Kejuaraan Pacu Kuda Tingkat Nasional ini Komando Daerah Militer V/ Brawijaya yang berkolaborasi dengan Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP PORDASI).

Event kejuaraan ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan prestasi olahraga pacuan kuda di tanah air khususnya wilayah Jawa Timur, serta mewujudkan tercapainya Kemanunggalan TNI dan Rakyat. Meningkatkan kemampuan dan prestasi para atlet berkuda Indonesia dan menggalakkan UMKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,dengan menyediakan lokasi stand khusus UMKM disekitar arena pacu kuda.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengucapkan terimakasih kepada para pendukung acara pacu kuda karena pada waktu itu ditunjukan oleh Pangdam V/Brw ada pacuan kuda. “Saya pun belum yakin dan pasti karena jalannya masuk perkampungan dan ternyata betul ada pacuan kuda, Pasuruan hebat ada pacu kuda sampai tingkat Nasional dengan berkala,” ujarnya.

Lebih lanjut Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa Angkatan Laut pernah mengangkut kuda ke Thailand maka dari itu akan ada pertandingan-pertandingan pacuan kuda untuk menjadikan agenda yang rutin dan berkala siapa tau menjadi tingkat Nasional. “Hal ini sangat membanggakan karena menjadikan animo di agenda saya, sejak dulu kami ingin mengadakan pacu kuda, saya yakin agenda pacuan kuda semakin populer,” ucapnya.

“Kepada Dewan Juri kejuaraan ini junjung tinggi sportifitas dalam berlomba, kami apresiasi kepada Pangdam dan Danrem dan semua pihak yang menjalankan kejuaraan ini serta kepada atlet kami ucapkan selamat bertanding junjung tinggi sportifitas,” ungkapnya.

Selanjutnya, Panglima TNI memukul gong sebagai tanda mulai lomba pacu kuda tingkat Nasional Panglima TNI Cup, dengan didampingi Pangdam V/Brw, Kapolda Jatim, Pangkoarmada II, Pangdiv 2/Kostrad, Ketua Umum Pordasi, Danlanud Abd Saleh, Danrem 083/Bdj, Walikota Pasuruan dan Bupati Pasuruan.

Disela-sela acara, Panglima TNI berkesempatan memberikan sembako secara simbolis kepada masyarakat Desa Coban Joyo Kejayan Pasuruan sebanyak 100 Paket Sembako.

Sebagai informasi bahwa pada Kejuaraan Pacu Kuda Tingkat Nasional “Panglima TNI Cup Tahun 2023” ini diikuti oleh kurang lebih 150 atlet berkuda, dengan mempertandingkan berbagai macam kelas. Yaitu Kelas Pacu Utama (Kelompok Umur) dan juga mempertandingkan di Nomor Pacu (Kelompok Tinggi).

Diharapkan pelaksanaan Kejuaraan Pacu Kuda Tingkat Nasional “Panglima TNI Cup Tahun 2023” dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta dapat melahirkan atlet-atlet berkuda Indonesia yang mampu bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional.(RED)

puspen tni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *