DIDUGA KUAT KELOMPOK P3A KEDATON INDAH DAN P3A TANJUNG JAYA KELURAHAN KEMANISAN , TELAH MENYALAHI ATURAN.

Berita4 Dilihat

BANTEN – ATARAKYAT.ID

Kota Serang – program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI) Kedaton Indah di Jaga Baya dan (P3-TGAI) Tanjung Jaya di Kali Tanjung di kelurahan kamanisan kecamatan Curug kota serang diduga kuat tidak bertuan, kemungkinan ada salah satu oknum untuk mengambil keuntungan pribadi dalam program tersebut dengan membodohi masyarakat atas kekuasaannya. (01/06/23)

Dalam pantauan wartawan di lapangan, tidak mendapat keterangan yang signifikan di lingkungan masyarakat karena ketidak tahuannya, disebabkan belum pernah ada musyawarah,bahkan kamipun terheran heran adanya Pekerjaan P3A KEDATON INDAH dan P3A TANJUNG JAYA dikerjakan oleh pihak luar daerah bukan masyarakat setempat, ujar beberapa warga saat di konfirmasi awak media pada 31/5/23 dilingkungan masyarakat setempat.

Selanjutnya ketua RT kampung kali tanjung kelurahan kamanisan, saat dikonfirmasi wartawan melalui telepon selulernya,menyarankan untuk kekantor kelurahan, sebelumnya awak media berkunjung kekelurahan kamanisan, beberapa staf kelurahan mengatakan tidak tahu program tersebut karena kami semua baru tugas disini, terang beberapa staf kelurahan dikantornya.

Terkait pekerjaan P3a, pemborongnya ibu ade, dan awak media mengkonfirmasi pada ketua RT,” ibu ade itu mantan kepala desa kamanisan, bukan diborongin, intinya dihandle dana karena anggaran belum turun,”ujar ketua RT.

Lebih lanjut, saat ditanya ketua P3a mengatakan,” kalau gak salah itu tetap ibu ade yang tahu semuanya, terkait sosialisasi dengan masyarakat kalau itumah mungkin ada, tapi belum kayanya, dan yang lebih tahu ibu ade saja,” komentar ketua Rt. kampung Kali Tanjung membingungkan terkesan menutup nutupi.

Program P3A yang sifatnya swakelola (padat karya) tersebut diduga kuat di pihak ketigakan atau dikontraktualkan, karena tenaga kerja kesemuanya pendatang dari daerah anyer cinangka.
Jimi mengaku pemborong pekerjaan sekaligus tenaga pekerjanya dibawa dari kampung Cijeruk kecamatan anyer cinangka.

” Saya ketua pemborongnya sekaligus tenaga kerjanya, karena masyarakat setempat tidak ada yang mau kerja” ucap Jimi, ketika dikonfirmasi wartawan di lokasi pekerjaan P3a kedaton indah dan yang dikali Tanjung juga sama saya, ucapnya enteng.

Wajib diketahui oleh masyarakat, pelaksanaan program percepatan peningkatan tata guna air irigasi P3-TGAI harus dilakukan secara swakelola, tidak boleh dipihak ketigakan apalagi di kotraktualkan, hal tersebut berdasarkan surat petunjuk teknis.

Program P3-TGAI adalah program padat karya, dengan menggunakan dana APBN yang di gulirkan oleh kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat Republik Indonesia  yang tertuang dalam RPJMN tahun 2020/2025 untuk mendukung memperkuat infrastruktur pengembangan ekonomi kerakyatan.
P3-TGAI dikerjakan secara swakelola sesuai fakta integritas perjanjian kerja sama antara ketua P3-TGAI dengan pejabat pembuat komitmen, penerima program adalah kelompok perkumpulan petani pemakai air, yang dipilih melalui musyawarah desa atau kelurahan,yang di legalkan dengan badan hukum, SK kepala daerah, akta notaris, SK kepala desa atau kelurahan.

Untuk selanjutnya kepada para pembaca berita yang di informasikan melalui media ini, baik pihak APH yang berwenang maupun dinas terkait, bila fenomena dugaan ini benar adanya untuk dapat ditindak lanjuti sesuai prosedur yang berlaku. (WB/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *