Hari Kedua Rakor Kabupaten, 14 Kelurahan di Somba Opu Paparkan 10 Program Pokok PKK

Berita42 Dilihat

SULAWESI UTARA – ATARAKYAT.ID

Kabupaten Gowa – Hari kedua pelaksanaan Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa dengan agenda Pemaparan 10 Program Pokok PKK oleh TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Somba Opu yang berlangsung di Gedung PKK Kabupaten Gowa, Jumat (26/5/2023).

TP PKK Kecamatan Somba Opu menghadirkan 14 ketua TP PKK Kelurahannya dalam pemaparan program kerja masing-masing.

Seperti halnya Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Kalegowa, Nurul Hasanah yang ditemui disela-sela Rakor menuturkan, dirinya memaparkan sejumlah program kerja hingga inovasi.

Di Kelurahan Kalegowa kata Nurul, terdapat Link Posyandu (Linkpos) untuk penginputan data khususnya di format register II lewat link khusus yang dikirim ke kader.

“Jadi kader berlatih untuk mengisi link yang mana pengisian link tersebut hampir sama persis saat akan mengikuti tes kompetensi di kabupaten,” kata Nurul.

Nurul juga tidak menampik bahwa Kader PKK di kelurahannya masih banyak yang kurang sadar akan tugasnya, bahkan banyak kader yang tidak turut serta dalam program-program PKK kelurahan.

“Masih banyak sekali kerja-kerja di PKK kelurahan yang saling bekerja sama satu sama lain tanpa mengikuti/melibatkan kader yg tidak aktif. Tetapi kedepannya kami akan mengaktifkan kader yang tidak aktif tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Bonto-Bontoa, Akifah mengaku sebelum memaparkan sejumlah program dihadapan Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, pihaknya terlebih dahulu telah melakukan pertemuan dengan seluruh pengurus PKK Kelurahan dan Kader serta pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

“Dalam pertemuan itu juga, kami telah melakukan validasi data terkait hasil kegiatan dengan bekerjasama dengan pihak Puskesmas Somba Opu, bahkan melakukan penyusunan Laporan SMEP Kelurahan Bonto-Bontoa dibawah bimbingan PKK Kecamatan Somba Opu,” kata Akifah sesaat setelah memaparkan program-program PKK di kelurahannya.

Kelengkapan Adminstrasi Buku 6 serta Kelengkapan Papan Data PKK Serta Rapat Koordinasi PKK Kelurahan Bonto-bontoa secara berkala pun disampaikannya dihadapan Ketua TP PKK Kabupaten beserta jajaran.

“Kegiatan ini tidak terlepas dari arahan dan petunjuk dari Tim Penggerak PKK Kecamatan, dan Tim Penggerak PKK Kabupaten,” pungkasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan berharap, melalui Rakor PKK beragendakan evaluasi ini para Ketua TP PKK Kelurahan bisa menguasai apa saja 10 Program Pokok PKK tersebut.

Harapannya seluruh Ketua PKK Kelurahan bisa menguasai apa saja program PKK di wilayahnya. Terutama dalam melakukan Peningkatan dalam pelaksanaan program PKK utamanya dalam kegiatan-kegiatan yang terkait Percepatan Penurunan Angka Stunting.(AF)

Editor .(suandi/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *